SUARA INDONESIA TRENGGALEK

Dampak Gempa di Malang, Total 10 Fasum dan 40 Rumah Warga Trenggalek Rusak Parah

Rudi Yuni - 11 April 2021 | 10:04 - Dibaca 118 kali
Pemerintahan Dampak Gempa di Malang, Total 10 Fasum dan 40 Rumah Warga Trenggalek Rusak Parah
Kerusakan Ruang Sekolah Akibat Gempa

TRENGGALEK - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 kemarin, yang berpusat di selatan Kabupaten Malang, mengakibatkan 10 fasilitas pemerintah dan 40 rumah warga di Trenggalek alami kerusakan.

Jumlah tersebut berdasarkan data yang masuk ke Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) BPBD Trengggalek.

"Kita langsung meninjau ke lapangan guna melakukan pendataan untuk memastikan semua yang terdampak telah masuk catatan," kata Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara, Minggu (11/4/2021).

Akibat gempa tersebut, disampaikan Mas Syah ada beberapa fasilitas pemerintahan dan rumah warga yang terdampak. Selain pendataan juga sekaligus melakukan penyaluran beberapa bantuan kepada warga terdampak.

Pihaknya juga telah melakukan berkoordinasi dengan Gubernur Jatim bersama semua unsur pimpinan daerah.

"Sedangkan langkah usai pendataan, kita akan koordinasikan dengan Pemprov sesuai arahan ibu gubernur," jelasnya.

Lanjut Mas Syah, pendataan tersebut guna penyaluran bantuan dari provinsi untuk bisa meringankan masyarakat yang terdampak gempa kemarin sore.

Senada disampaikan Kepala BPBD Trenggalek Joko Irianto bahwa data dalam proses pengumpulan. Selanjutnya akan di laporkan dan komunikasikan dengan provinsi maupun pusat.

"Karena sesuai rapat, Gubernur memerintahkan Sekda melaporan terdampak bencana, sehingga ada BTT Provinsi yang bisa disalurkan," tuturnya.

Joko juga menerangkan, alhasil ada lampu hijau dari Gubernur, tadi malam langsung ada rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh beliau serta ada petunjuk seperti itu.

Akibat bencana itu, Alhamdulillah di Trenggalek tidak ada korban jiwa. Namun ada kerusakan-kerusakan bangunan akibat bencana ini, baik milik pemerintah maupun milik masyarakat.

"Sesuai data, ada 10 bangunan milik pemerintah. Mulai dari dari kantor desa, kantor kecamatan maupun bangunan sekolah," paparnya.

Sedangkan bangunan milik masyarakat ada 40 rumah penduduk. Itu merupakan estimasi sementara sesuai data yang masuk semalam.

"Kita juga masih menunggu data di lapangan untuk rekap kembali, apakah masih ada penambahan bangunan yang terdampak gempa kemarin," lanjutnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya