SUARA INDONESIA TRENGGALEK

Guru Harus Produktif di Tengah Pandemi Covid-19

Rudi Yuni - 25 December 2020 | 10:12 - Dibaca 1.32k kali
Features Guru Harus Produktif di Tengah Pandemi Covid-19
Pembelajaran Sebelum Daring

TRENGGALEK - Tenaga pendidik harus sepenuhnya mengajar murid secara daring. Karena tidak ada yang pernah menduga Pandemi Covid-19 berpengaruh sangat luar biasa di semua lini.

Seperti pada bidang pendidikan, terhitung delapan bulan lamanya proses pembelajaran tatap muka dialihkan menjadi proses pembelajaran daring.

Seperti yang telah dialami oleh Puput Intan Mariska salah satu Guru Honorer mata pelajaran Bahasa Indonesia di salah satu SMA di Trenggalek.

Menurutnya meski proses pembelajaran saat ini melalui daring, materi pembelajaran yang di sampaikan identik dengan tatap muka dan praktek. 

"Saat ini semua harus melalui teknologi media tatap muka virtual,” ungkapnya, Kamis (24/12/2020).

Karena dirinya berniat meski melalui daring, pembelajaran tetap harus produktif untuk mendukung proses belajar mengajar.

Tak bisa dipungkiri jika saat ini semua bersandar pada teknologi, namun materi yang diberikan dalam teknologi harus bisa diserap oleh para peserta didik.

"Saya menggunakan penyampaian pesan suara dan video untuk mempermudah pemahaman siswa-siswi," terangnya.

Ditambah Puput sapaan akrabnya, dengan pola yang di berikan para peserta didik tetap dapat mengikuti materi yang sedang diajarkan, jika terjadi gangguan jaringan internet.

Sebagai guru dirinya terus berusaha untuk kreatif dalam mengemas dan menyampaikan materi agar para peserta didik tetap dapat menyimak maksimal walaupun mereka mengalami gangguan koneksi internet.

"Hal itu untuk mengantisipasi jika ada siswa yang di daerah umumnya mengalami hambatan pada jaringan internet,” katanya.

Menurutnya para guru tidak boleh kehilangan ide, meski situasi pandemi berdampak pada proses belajar mengajar. Mereka harus bersiasat dengan situasi saat ini.

"Jadi mereka harus tetap merasakan rasa pembelajaran tatap muka dan bersosialisasi dengan teman-temannya,” katanya.

Ia mengaku bahwa dirinya perlu melakukan terobosan dengan mulai menggunakan beberapa media pembelajaran dalam proses belajar mengajar jarak jauh.

Jadi harus lebih giat dan semangat dalam menggunakan media pembelajaran yang lain agar materi yang disampaikan bisa diterima dengan baik. 

"Memang ini menjadi tantangan bagi guru dan para murid dengan menyesuaikan kondisi sekarang," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya