SUARA INDONESIA TRENGGALEK

9 Desa di Trenggalek Gelar Pilkades, Wabup Tegaskan Pelaksanaan Berjalan Aman

Rudi Yuni - 25 October 2023 | 19:10 - Dibaca 964 kali
Advertorial 9 Desa di Trenggalek Gelar Pilkades, Wabup Tegaskan Pelaksanaan Berjalan Aman
Wabup Trenggalek Mas Syah saat melakukan penandatanganan deklarasi damai Pilkades. (Foto: Rudi/Suaraindonesia.co.id)

TRENGGALEK, Suaraindonesia.co.id - Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara tinjau langsung pelaksanaan tahapan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di sejumlah desa.

Peninjauan yang dilakukan bertempat di desa Banaran, Salamrejo, Nglebo, Wonocoyo dan Ngadirenggo, Rabu (25/10/2023). Rombongan Forkopimda itu melihat dan memantau jalannya proses pemungutan suara di TPS yang ditempatkan di masing-masing Balai Desa. 

"Kita memantau pelaksanaan Pilkades di 9 desa, diantaranya Desa Banaran, Kecamatan Tugu, Desa Salamwates, Kecamatan Dongko," kata Mas Syah sapaan akrabnya.

Selain itu, Desa Tanggaran Kecamatan Pule, Desa Jombok Kecamatan Pule, Desa Masaran Kecamatan Bendungan, Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan, Desa Wonocoyo Kecamatan Pogalan, Desa Nglebo Kecamatan Suruh, Desa Salamrejo Kecamatan Karangan.

Dalam tinjauannya, pelaksanaan pilkades serentak cenderung aman terkendali. "Alhamdulillah sampai pagi hari ini belum ada laporan yang tidak kita inginkan," tegas Mas Syah.

Ia menyebut, hampir seluruh desa berjalan dengan lancar dengan baik. "Mohon doanya ini bisa menghasilkan kepala desa yang baik, bermanfaat khususnya untuk Kabupaten Trenggalek," ucap Wabup. 

Wabup menyampaikan, di beberapa desa terlihat masih sedikit pemilih yang datang. "Namun saat ini laporannya sudah mulai berdatangan dan rata rata di angka 70 persen yang menyalurkan hak pilih," kata Wabup.

"Terkait antisipasi konflik antar pendukung calon, pemerintah telah melakukan langkah langkah antisipasi sejak dini dengan mengumpulkan para calon Kepala Desa," lanjutnya.

Diketahui, mulai awal pelaksanaan Pilkades semua sudah mengumpulkan seluruh calon-calon Kepala Desa. Pertama tama, tambah mantan aktivis kepemudaan itu semua telah melaksanakan Deklarasi pilkades damai.

Selanjutnya semua tahapan mulai dari awal sampai detik ini terus dimonitoring oleh pihak-pihak berwajib baik TNI maupu Polri. "Harapannya semua yang tidak kita inginkan semoga tidak terjadi," pinta Wabup.

"Kalau terjadi yang tidak kita inginkan tentunya  akan tetap kita koordinasikan dengan baik," tukasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya