SUARA INDONESIA
Banner

Gus Ipin Minta Tahun ini Musholla dan Surau di Trenggalek Gelar Shalat Id

TRENGGALEK - Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin mempersilahkan musholla kecil dan surau untuk menggelar sholat Idul Fitri 1442 H. Kendati demikian, pihaknya tetap meminta pemantauan protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan ketat.

Menurutnya, dengan pelaksanaan sholat Idul Fitri di lingkungan terkecil dapat dengan mudah melakukan pemantauan untuk mengontrol pelaksanaan protokol kesehatan. 

"Saya kembali meminta Mushola dan Surau menggelar Salat Idul Fitri bahkan di lapangan atau lingkungan terkecil," pinta Gus Ipin, Selasa (20/4/2021).

Disampaikan Gus Ipin, biasanya pelaksanaan sholat Idul Fitri terkumpul pada satu titik saja. Untuk tahun ini pihaknya meminta untuk memecah titik kumpul dengan melaksanakan di lingkungan terkecil.

 Artinya yang mengikuti hanya orang-orang dilingkungan tersebut saja. Dengan begitu resiko penyebaran Covid 19 bisa diminimalisir, seperti pengalaman tahun sebelumnya.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri jangan dilakukan di satu tempat. Mushola-mushola kecil dipersilahkan menggelar ibadah tersebut karena akan mengurangi jumlah jama'ah.

"Dengan begitu, akan sangat mudah untuk mengontrol penanganan Covid-19, karena yang salat orang dilingkungan itu sendiri," ungkapnya.

Lanjut Gus Ipin, ini juga ada hikmahnya bagi semua, sehingga pada lingkup terkecil masyarakat bisa menjadi imam dan khatib untuk keluarga dan lingkungan. (adv)

Apa Reaksi Anda?