SUARA INDONESIA TRENGGALEK

RSUD Trenggalek Tangani 50 Pasien HIV/Aids

Rudi Yuni - 01 December 2020 | 15:12 - Dibaca 1.40k kali
Kesehatan RSUD Trenggalek Tangani 50 Pasien HIV/Aids
Ilustrasi

TRENGGALEK - Rumah Sakit dr. Soedomo Trenggalek, Jawa Timur saat ini tengah menangani pasien aktif HIV/Aids sebanyak 47 orang sedangkan pasien tidak aktif ada 3 orang.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD dr. Soedomo Trenggalek dr. Sunarto. Dalam penanganan pasien HIV/Aids, pihaknya mengatakan bahwa Puskemas di seluruh Kecamatan juga telah aktif melayani.

"Saat ini kita tengah menangani 47 pasien aktif dan 3 pasien tidak aktif HIV/Aids," kata dr. Sunarto, Selasa (1/12/2020).

Lanjut Sunarto, pasien aktif di sini artinya pasien yang masih aktif melakukan kontrol serta aktif mengambil obat serta aktif dalam melakukan konsultasi. 

Sedangkan pasien tidak aktif ini yang seharusnya mengambil obat sebulan sekali dan aktif konsultasi, namun mereka telah lama tidak melakukan itu. 

"Namun Tim kami saat ini tengah menelusuri 3 pasien yang tidak aktif itu untuk mengetahui permasalahannya," ucapnya.

Sementara itu, Sujiono selaku Kasi Keperawatan RSUD dr. Sudomo menyampaikan bahwa tahun 2014 RSUD telah membuka VCT atau Voluntary Counseling and Testing.

VCT sendiri digunakan untuk menangani pasien yang positif terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV).

"Bahkan saat ini Puskesmas telah aktif dan bisa memberikan pelayanan VCT," terangnya.

Ditambahkan Sujiono, untuk mayoritas ODHA atau Orang Dengan HIV AIDS berusia produktif, yakni rentang umur 25 hingga 50 tahun. 

Sedangkan pada kasus ODHA di Trenggalek, rata-rata mereka yang terjangkit berprofesi wiraswasta dan pernah bekerja di luar pulau jawa.

Dalam hal pelayanan disini, pihak rumah sakit sudah berupaya maksimal, mulai dari pemberian fasttrack pada pasien hingga upaya pendekatan secara psikologis rutin yang juga telah dilakukan.

"Pastinya proses pelayanan terhadap pasien di RSUD gratis, karena semua biaya mulai obat dan lainnya telah di tanggung pemerintah," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya