SUARA INDONESIA TRENGGALEK

Harga Cabai di Trenggalek Super Pedas

Rudi Yuni - 09 March 2021 | 15:03 - Dibaca 220 kali
Ekbis Harga Cabai di Trenggalek Super Pedas
Pedagang saat layani pembeli

TRENGGALEK - Harga cabai di Trenggalek kian pedas, melonjaknya harga cabai saat ini diperkirakan akibat cuaca. Sehingga mengakibatkan stok yang ada di pasaran menipis.

Tidak hanya itu, harga bawang merah juga terbilang naik dibandingkan harga sebelumnya. Dengan kondisi seperti itu pedagang enggan untuk stok barang secara besar.

"Sejak dua minggu terakhir harga cabai rawit merah dan bawang merah naik cukup tinggi," kata Siti salah satu pedagang di pasar basah Trenggalek, Selasa (9/3/2021).

Disampaikannya, harga cabai rawit merah saat ini mencapai di harga Rp 110.000, itu terbilang naik tinggi karena untuk biasanya tidak sampai diharga Rp 50.000.

Dengan adanya kenaikan harga cabai rawit merah, para pembeli beralih ke cabai kering impor (cabai kresek) karena dirasa cukup terjangkau di harga Rp 80.000.

"Dengan naiknya harga cabai rawit merah, para pembeli beralih ke cabai kering impor," ungkap Siti.

Siti juga menyampaikan selain cabai merah juga ada kenaikan diharga bawang merah yang saat ini harganya sekitar Rp 32.000.

Menurutnya, kejadian naiknya harga beberapa kebutuhan pokok ini terjadi karena stok dari tengkulak menipis dan mungkin karena cuaca yang mengakibatkan gagal panen para petani.

"Porsi penjualan saya berkurang sangat jauh, jika sebelumnya habis hingga 80 kilogram, saat ini hanya 40 kilogram saja," tuturnya.

Senada disampaikan Dewi Rinawati salah satu pembeli bahwa karena adanya kenaikan harga yang cukup mahal ini dirinya berbelanja hanya sesuai kebutuhan saja.

"Ini mau saya jual kembali mas, sehingga tidak berani mengambil dengan jumlah besar," katanya. 

Ditambahkan Dewi, pihaknya berharap harga ini segera stabil. Karena dengan kenaikan harga ini otomatis pembeli enggan juga untuk berbelanja. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rudi Yuni
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya